Responsive Banner design
Home » » Tanaman Dengan Prospek Bagus Untuk Di Budidaya

Tanaman Dengan Prospek Bagus Untuk Di Budidaya

Tanaman Dengan Prospek Bagus Untuk Di Budidaya - Indonesia termasuk sebagai salah satu negara dengan sektor pertanian yang luas. Dengan kesuburan tanah di Indonesia membuat banyak tanaman bisa tumbuh dengan baik. maka dari itu banyak petani di indonesia dengan menanam tanaman yang beragam pula, seperti padi, jagung, cabe, bawang, aneka bunga, dll.

Bercocok tanam dijadikan sebagai mata pencarian sebagian besar masyarakat Indonesia. banyak anggapan bahwa petani mempunyai pendapatan yang kecil, itu semua salah. Hanya saja pertanian ini membutuhkan ketelatenan serta waktu untuk meraih sesuatu hasil yang maksimal. Banyak pemula yang terjun ke dunia pertanian tanpa adanya pengalaman yang di genggamnya, karenanya mereka mengalami kerugian. sebaiknya bagi kalian yang ingin terjun ke bidang pertanian lebih baik mempelajari dulu apa yang ingin kalian tanam dari segi cara perawatan, bibit yang dipilih, cara mengatasi hama, hingga cara panen yang baik.

Untuk belajar bertani kalian bisa membaca refrensi tentang tanaman yang hendak kalian tanam terlebih dahulu. tapi alangkah baiknya jika kalian sudah mempunyai pengalaman bertani. pengalaman tersebut bisa kalian dapatkan dengan cara membantu seorang petani bukan karena ingin imbalan, melainkan ingin benar-benar mempelajari bidang pertanian ini.

Banyak jenis tanaman bisa kalian tanam semua itu tergantung keinginan anda. dari banyaknya jenis tanaman, ada beberapa yang wajib kalian ketahui bahwa tanaman di bawah ini mempunyai manfaat serta prospek bagus untuk di budidaya.

1. Jahe Merah (Zingiber Officiname var rubrum rhizoma)

Jahe merah adalah salah satu dari 3 jenis jahe yang ada, dua lainnya ialah jahe emprit dan jahe gajah. dengan banyaknya manfaat pada jahe merah ini membuat permintaan pasar terhadap tanaman ini begitu besar. maka dari itu jahe merah mempunyai prospek bagus untuk di budidayakan dikarenakan para pelaku budidaya jahe merah ini masih terbilang sedikit. dengan banyaknya permintaan pasar tentu membuat kita sebagai petani jahe merah akan merasa tidak kesulitan untuk memasarkannya. kelebihannya lagi, budidaya jahe merah juga tidak ribet dan bisa di lakukan oleh kalian yang pemula tapi dengan syarat sudah mengetahui langkah-langkah yang baik dan benar dalam melakukan budidaya.


2. Jamur Tiram
 
Jamur dengan nama latin Pleurotus Ostreatus ini adalah jamur pangan yang termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram ini dapat tumbuh dan berkembang pada media yang cocok seperti serbuk gergaji. para petani jamur tiram biasanya membudidaya menggunakan kantong plastik berisi serbuk gergaji. selain menghemat biaya, cara ini juga dapat menghemat lahan budidaya. Jamur tiram sangat sensitif suhu lingkungan sekitar. maka dari itu baki kalian yang ingin terjun kedalamnya sebaiknya mempelajari lebih dalam tentang jamur tiram ini. Untuk pemasaran jamur tiram sebaiknya jangan dipikir sulit, karena kita dapat mengolahnya sesuai kreatifitas kita dengan bahan dasar jamur tiram contohnya kripik jamur. tapi jika kalian ingin langsung menjualnya juga tidak apa, karena banyak pengepul yang bersedia menerima hasil panen jamur tiram kalian.

3. Cabe Jamu/ Cabe Jawa

Cabe yang satu ini berbeda jenis dengan cabe lainnya. jenis tanaman ini biasa di sebut cabe jamu yang mempunyai manfaat terhadap kesehatan. banyak pabrik-pabrik kesehatan atau obat-obatan yang menggunakan cabe jamu sebagai bahan pokoknya. Harga pasar cabe jamu juga tinggi, ini alasan kenapa budidaya cabe jamu diminati oleh banyak orang. Cabe jamu dapat dipanen ketika sudah berumur 8-11 bulan tergantung perawatannya. 


Demikian penyampaian tentang jenis tumbuhan yang mempunyai prospek bagus untuk dibudidaya. Semoga dapat mengispirasi kalian yang lagi ingin terjun di bidang pertanian.

Terima Kasih

 


1 comments:

  1. jadi lebih tau tumbuhan mana yang bagus untuk di budidayakan.
    jika kalian ingin bibit tanaman unggul silahkan cek di Agrobibit , terima kasih

    ReplyDelete